Sukses

Mendengarkan Karya "Terbaru" Mozart

Peninggalan Mozart yang baru-baru ini ditemukan akhirnya dipublikasikan di Salzburg, Austria. Dua hasil karya komponis musik klasik terkenal itu dimainkan oleh pianis Austria bernama Florian Birsak.

Liputan6.com, Salzburg: Seorang pianis Austria bernama Florian Birsak memainkan dua karya komponis musik terkenal dunia, Wolfgang Amadeus Mozart, yang baru-baru ini ditemukan. Pertunjukan itu diadakan Ahad (2/8) waktu setempat di museum di Salzburg, Austria. Tempat ini dulunya adalah rumah yang pernah didiami Mozart.

Awalnya, seperti dilansir Reuters, karya itu dinilai sebagai karya tak bertuan oleh juru arsip Yayasan Internasional Mozarteum. Namun, analisis lebih lanjut menetapkan komponis musik klasik tersebutlah sebagai penggubahnya, saat dia berusia tujuh atau delapan tahun.

Menurut keterangan peneliti Yayasan Mozart, Ulrich Leisinger, saat konferensi pers, kedua hasil karya itu dituliskan oleh ayah sang komponis, Leopold Mozart. Kendati demikian, hasil analisis menunjukkan bahwa dia menuliskan apa yang tengah dimainkan oleh putra jeniusnya dengan piano.

Leisinger mengatakan Mozart muda hampir selalu meminta ayahnya menuliskan not yang tengah ia mainkan di secarik kertas lantaran belum mengerti cara menuliskan not musik. Kemudian, barulah dia mengoreksi sendiri hasil-hasil yang telah dituliskan tersebut.

"Ini adalah hasil karya seorang komponis muda yang masih sering membuat kekacauan saat ingin menunjukkan kemampuannya. Pasalnya, banyak sekali terdapat kesalahan teknis dan kecerobohan yang sudah tak mungkin dilakukan tangan ahli Leopold Mozart," ujar Leisinger.

Mozart lahir di Salzburg, Austria, pada 1756. Kampiun musik klasik itu meninggal dunia di usia 35 tahun pada 1791 di Vienna, Austria. Sejak usia lima tahun, Mozart telah bermain piano dan menggubah musik. Semasa hidupnya, dia sudah menghasilkan lebih dari 600 karya musik. Selain itu, Mozart juga merupakan salah satu komponis musik klasik terproduktif yang pernah ada di muka bumi [baca: Karya Komposisi Piano Mozart Ditemukan Lagi].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini