Sukses

Gitaris Parliament-Funkadelic Meninggal Karena Kanker

Phelps "Catfish" Collins, gitaris funk legendaris yang bermain dengan James Brown dan Parliament-Funkadelic, di Cincinnati setelah menderita kanker. Catfish meninggal diusia 66 tahun.

Liputan6.com, Jakarta: Phelps "Catfish" Collins, gitaris funk legendaris yang bermain dengan James Brown dan Parliament-Funkadelic, meninggal pada Jumat (6/8) di Cincinnati setelah menderita kanker. Catfish meninggal diusia 66 tahun. "Dunia saya tidak pernah akan sama lagi tanpa dia," ucap saudaranya Bootsy Collins dalam pernyataannya. "Berbahagialah untuknya, dia selalu menjadi saudara paling bahagia yang pernah saya temui di dunia ini," katanya.

Catfish yang besar di Cincinnati, menginspirasi Bootsy menggunakan gitar string bass tua dan membantu mengarahkan musik funk Bootsy. Ia jugalah yang memperkenalkan adiknya ke musik gitaris blues Indiana, Lonnie Mack. Mereka pertama kali manggung bersama di Peacemakers, pada 1968. Setahun kemudian, James Brown merekrut mereka untuk bergabung di J.B, pada sebuah tur band Brown.

Catfish juga mempengaruhi funky strumming bagian integral klasik Brown seperti "Super Bad", "Get Up," "Soul Power," dan "Give It Up." Ketika mereka selesai dengan J.B. Brown pada tahun 1971, mereka bergabung dengan Collins bersaudara, Parlemen-Funkadelic, dan menghasilkan album klasik pada 1972, "America Eats Its Young".

Pada tahun 1983, Catfish keluar dari Funkadelic dan menikmati kekosongannya sampai tahun 2007 dan melanjutkan kariernya dengan bergabung dalam mengisi original soundtrack film "Superbad". Kematian Collins datang hanya berjarak satu bulan setelah rekan gitarisnya dalam Parliament-Funkadelic, Garry Shider yang juga meninggal akibat kanker diusia 56 tahun.(RollingStone/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.