Sukses

Musisi Hip-hop Indonesia Berpotensi Mendunia

Agar musik hip-hop dapat diterima dan berkembang di masyarakat, musisi membutuhkan media untuk menyampaikan karya, baik konvensional maupun nonkonvensional.

Liputan6.com, Yogyakarta: Musisi hip-hop Indonesia memiliki kualitas yang memadai untuk mengembangkan diri menjadi musisi dunia. "Bahasa Indonesia sangat kondusif untuk dijadikan lirik musik hip-hop, jadi tidak ada alasan bagi musik hip-hop tidak berkembang di sini," kata produser musik hip-hop asal Australia Tim Levinson di Yogyakarta, Ahad (19/9).

Levinson mengatakan, musik hip-hop hadir di dunia memang sebagai alat untuk merefleksikan hidup. Nah, hal tersebut dapat dilakukan oleh musisi hip-hop di masing-masing negara melalui lirik lagu yang dibuatnya, termasuk di Indonesia.

Kendati pada awalnya hanya dikembangkan masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika pada sekitar 1970-an, tapi saat ini musik yang juga populer dengan sebutan rap itu telah menjadi musik setiap bangsa. "Saat ini, setiap negara memiliki musik hip-hop. Tidak hanya Amerika, Jerman, Australia, bahkan Indonesia juga memiliki musik hip-hop," ujar Levinson.

Menurut Levinson, agar musik hip-hop dapat diterima dan berkembang di masyarakat, musisi membutuhkan media untuk menyampaikan karya. Tidak hanya media konvensional, seperti televisi dan surat kabar, tapi juga media nonkonvensional seperti media sosial Facebook, Tweeter, dan Myspace.(ULF/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.